Zheng He: Dari Tawanan Dinasti Ming, Menjadi Laksamana yang Pernah Menyambangi Nusantara

Zheng He: Dari Tawanan Dinasti Ming, Menjadi Laksamana yang Pernah Menyambangi Nusantara

BERITA MISTERI DUNIA – Zheng He: Dari Tawanan Dinasti Ming, Jadi Laksamana yang Sempat Menyambangi Nusantara. Pada dini abad ke- 15, di lepas tepi laut Pulau Ceylon, ada sesuatu kemudian lintas kapal yang tidak sempat terjalin lebih dahulu. Kapal- kapal yang melintas, berbagi dari Cina, mengisi laut dengan megahnya.

Terbanyak di antara NANA4D mereka mempunyai 9 tiang yang menjulang besar, luar biasa seluruh yang melihatnya. Tetapi, walaupun ukurannya yang luar biasa, mereka tidaklah armada penyerbu.

Mereka berlayar buat mewartakan kejayaan Kekaisaran Cina. Serta di balik kemegahan ini, seseorang pemimpin lahir di daratan Cina, di dekat Kunming, yang mengetuai armada terbanyak yang sempat mengarungi lautan.

Pada masa kecilnya, dia dipanggil Ma He, Ma merupakan kependekan dari Muhammad, sebab dia merupakan seseorang Muslim Tionghoa. Bapak serta kakeknya bersama menyandang gelar Haji, yang berarti orang yang sudah melaksanakan ibadah haji ke Mekkah.

Pengetahuan tentang budaya Muslim, bisa jadi hendak teruji sangat berharga dalam kehidupan Ma di setelah itu hari.

Ma He setelah itu jadi Zheng He ataupun pula dikenal Cheng Ho, seseorang pelaut legendaris, navigator, serta utusan yang dihormati di abad ke- 15 Cina.

Ditangkap oleh Dinasti Ming

Bapak Ma He bisa jadi sangat setia pada Dinasti Yuan. Hidupnya berakhir di tangan tentara Ming, dalam suatu pertempuran.

Kala itu, bagi James Burch dikutip dari lamanAll thats Interesting, anak yatim yang berasal dari keluarga musuh hendak dibawa ke dalam penampungan–nyaris semacam penjara.

“ Kerabat pria Ma He dibebaskan, namun seseorang jenderal mengakui Ma He selaku pemberani serta pintar, sehingga ia diseleksi buat melayani kekaisaran,” kata James.

Tetapi di Cina, pegawai istana haruslah seseorang kasim, sehingga pada umur 10 tahun Ma He menempuh pengebirian. Tingkatan kematian akibat pembedahan yang sangat menyakitkan itu merupakan 20 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *