Ketika Arminius Membuat Malu Jenderal Romawi di Hutan Teutoburg

Ketika Arminius Membuat Malu Jenderal Romawi di Hutan Teutoburg

BERITA MISTERI DUNIA – Ketika Arminius Membuat Malu Jenderal Romawi di Hutan Teutoburg. Tidak ada yang lebih memalukan bagi Kekaisaran Romawi terkait serbuan suku Jermanik selain kehancuran tentara Romawi dalam Pertempuran Hutan Teutoburg pada tahun 9 Masehi.

Orang yang bertanggung jawab atas kekalahan pasukan Romawi ini adalah Arminius dari suku Cherusci (hidup sekitar tahun 18 SM-19 M).

Arminius dari Cherusci kini dipuji sebagai pahlawan nasional Jerman dan dipanggil Hermann. Arminius atau Hermann mungkin dibesarkan di kota Roma, tempat dia menjadi salah satu sandera anak-anak dari beberapa rampasan perang.

Lahir sekitar tahun 18 SM, Arminius adalah putra sulung kepala suku Cherusci Segimer. Untuk menjamin perdamaian dengan Roma, Segimer diperkirakan telah menyerahkan Arminius dan adiknya Flavus ke Roma sebagai sandera anak-anak.

Dibesarkan seperti bangsawan Romawi, dua bersaudara itu belajar bahasa Latin dan memperoleh pengalaman dalam peperangan Romawi. Kemungkinan besar kedua bersaudara itu bertempur bersama legiun di bawah pimpinan Tiberius Claudius Nero, anak tiri Kaisar Augustus, menumpas pemberontakan besar Pannonia dan Iliria pada sekitar tahun 7 M.

Sekitar tahun 8 M Arminius dipindahkan ke Rhine untuk bertugas di bawah Gubernur atau Jenderal Publius Quinctilius Varus. Misi Varus adalah mengubah Germania Magna (Jerman Raya), wilayah kesukuan di sebelah timur Rhine, menjadi provinsi Romawi yang utuh.

Arminius dari Cherusci tumbuh menjadi prajurit yang cakap dalam pasukan Romawi dan diberi tanggung jawab atas beberapa unit yang terdiri dari prajurit yang berasal dari tanah kelahirannya.

Namun ketika dia dikirim ke Germania untuk bergabung dengan Publius Quinctilius Varus, dia entah bagaimana merasakan panggilan dari tanah kelahirannya dan bangkit memberontak melawan Romawi dengan mengumpulkan suku-suku lain.

Sepanjang sejarah Romawi kuno, kekaisaran ini sejatinya telah banyak diganggu oleh serbuan beberapa suku Jermanik dari waktu ke waktu. Namun serbuan yang dipimpin oleh Arminius dari Cherusci adalah yang paling berdampak.

Arminius dari Cherusci menyergap Varus sang Gubernur dan Romawi dan menghancurkan tiga legiun tentara Romawi dalam Pertempuran Hutan Teutoburg. Hal ini mempunyai konsekuensi yang luas.

Kekalahan ini dianggap sebagai penghinaan terbesar bagi Roma dan kemudian melemahkan Kekaisaran Romawi Barat.

Sayangnya, Arminius dibunuh oleh orang dari sukunya sendiri, yang mungkin menjadi iri dengan pengaruhnya yang semakin besar terhadap Germania yang telah dibebaskan.
Berita Terbaru Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *