Transfer Informasi ke Wahana Antariksa Bisa Secepat Kecepatan Cahaya

Transfer Informasi ke Wahana Antariksa Bisa Secepat Kecepatan Cahaya

BERITA TERBARU HARI INI – Transfer Informasi ke Wahana Antariksa Bisa Secepat Kecepatan Cahaya. Untuk sampai ke planet merah Mars, kita harus menempuh jarak ratusan juta kilometer jauhnya. Belum ada manusia yang pernah ke sana, namun peralatan kita beroperasi di sana untuk memberikan wawasan tentang Mars.

Semua informasi dari Mars ke Bumi atau perintah dari Bumi ke peralatan manusia di Mars tidak instan. Karena jaraknya yang jauh, informasi atau perintah membutuhkan waktu sekitar 15 menit sekali.

Jeda ini membuat para ilmuwan sulit mendapatkan data dengan waktu yang aktual dari perangkat di Mars. Belum lagi, hanya ada sedikit perangkat komunikasi untuk berkomunikasi dengan wahana di luar angkasa lainnya seperti Deep Space Network (DSN). Tidak jarang, antena sangat sibuk yang membuat arus komunikasi semakin terjeda.

Dalam laman NASA, sistem komunikasi antara Bumi, Mars, atau wahana antariksa lainnya ditentukan berdasarkan sinyal. Antena dapat mengirim atau menerima. DSN sendiri akan sangat sibuk melacak sinyal-sinyal yang ada di luar angkasa.

Sebagai jalan, para ilmuwan belakangan mengembangkan alternatif lain: melalui gelombang listrik. Cara ini bisa memanipulasi informasi magnetik menjadi sinyal cahaya terpolarisasi. Jika diterapkan, tentunya merevolusi telekomunikasi optik jarak jauh, termasuk perangkat kita yang ada di Mars.

Sekelompok peneliti meyakini, sistem komunikasi melalui gelombang listrik mungkin cara yang lebih baik. Bahkan, kemungkinan transfer komunikasi jarak jauh Bumi-Mars bisa dalam kecepatan cahaya.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Nature bertajuk “Controlling the helicity of light by electrical magnetization switching”. Makalah ini dipublikasikan pada 27 Maret dan ditulis oleh berbagai peneliti dari berbagai negara.

Upaya ini melibatkan spintronik, yakni proses fisik untuk membawa informasi. Spintronik dapat memanipulasi putaran elektron untuk menyimpan dan memproses informasi, sekaligus mengatasi hambatan.

“Selama beberapa dekade kita berkhayal dan memprediksi perangkat spintronik suhu ruangan yang melampaui ketahanan magnetor dan sekadar menyimpan informasi,” kata rekan penulis studi, Igor Žutić, Profesor Fisika di University at Buffalo.

Gelombang listrik akan digunakan untuk transfer informasi putaran dari elektron ke foton. Partikel yang dibawa membentuk cahaya Agen Togel, sehingga informasi bisa dibawa dalam jarak jauh dan berkecepatan tinggi.

Keunggulan dari cara ini bisa bebas tanpa suhu ruang, tidak memerlukan medan magnet, dan memiliki kemampuan kontrol listrik yang canggih. Transfer infromasi ini membuka akses untuk berbagai penerapan, termasuk komunikasi ultracepat dan teknologi kuantum.

“Dengan penemuan tim ini, impian kami menjadi kenyataan,” kata Žutić, dilansir

Rekomendasi Link Alternatif : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *