12 Kisah Misteri Laut Dalam yang Jarang Diketahui

12 Kisah Misteri Laut Dalam yang Jarang Diketahui

MISTERI DUNIA – 12 Kisah Misteri Laut Dalam yang Jarang Diketahui. Pernah mendengar cerita tentang laut dalam sebelumnya? Laut dalam adalah bagian atau habitat terbesar di bumi yang sangat sulit untuk dicapai walaupun sangat menakjubkan.

Bagaimana kita tahu kalau kita sedang berada di laut dalam? Setelah kamu melewati kedalaman lebih dari 1.000 meter, dimana air benar-benar gelap dan tanpa adanya caha sama sekali, maka saat itulah kamu mencapai laut dalam.

Mengapa bisa di bilang demikian, karena bagian laut yang satu ini memiliki pencahayaan yang minim karena kurangnya pancaran sinar matahari serta suhu dan tekanannya yang begitu besar. Ekosistem yang ada pada laut dalam tentunya berbeda juga dengan ekosistem perairan di atasnya.

Selain itu, laut juga terbagi atas empat zona yang berbeda, yaitu:

  • Zona Mesopelagic, yaitu zona laut dengan kedalaman 200 hingga 700 meter. Di zona ini pula tempat banyak hewan laut hidup.
  • Bathypelagic, zona yang sudah masuk kategori laut dalam karena memiliki kedelaman 700 sampai 1000 meter dengan suhu 4 derajat celcius. Disini, kamu tidak akan lagi menemukan cahaya yang masuk.
  • Abyssopelagic. zona dengan kedalaman 2000 hingga 4000 meter. Hanya ada satu makhluk hidup yang serting terlihat pada zona ini, yaitu ikan tripod.
  • Zona Hadalpelagic, yaitu zona terdalam yang ada di laut dengan kedalaman 6000-10.000 meter. Sama halnya dengan 2 zona sebelumnya, kondisi disini sangat gelap gulita dengan suhu yang cukup tinggi.

1. Kisah misteri laut dalam ada ikan aneh yang mampu bertahan

Tahukah kamu, jika pada zona laut dalam Hadalpelagic yang memiliki kedalaman 6000 meter, ternyata masih ada makhluk hidup yang mampu bertahan hidup, selain ikan tripod.

Yakni Pseudoliparis Swirei, ikan yang memiliki ciri-ciri tidak bersisik, memiliki gigi besar dan bentuknya yang agak aneh ini mampu hidup di tengah kondisi kedalaman laut yang sangat ekstrem.

2. Hanya 3 orang yang berani masuk ke laut dalam

Sejak tahun 1960, tercatat hanya ada tiga orang yang pernah dan berhasil menembus kegelapan laut dalam sekitar 10.000 meter, termasuk sutradara kondang James Cameroon yang melakukannya 10 tahun yang lalu.

Menggunakan sebuah alat canggih, ia berhasil mencapai titik terdalam di Samudera Pasifik dengan durasi tempuh selama 2 jam, yang mana itu adalah impiannya.

3. Kondisi laut dalam sulit dijelaskan

Dilansir dari laman Passport Ocean, untuk mengetahui bagaimana kondisi laut dalam itu sangat sulit, memerlukan biaya yang mahal, memakan waktu panjang dan tentunya membutuhkan cara khusus.

Bahkan menurut NASA, andai diberikan dua pilihan mana yang akan di survei antara laut dalam dan planet Mars, maka NASA dengan senang hati akan menjawab Mars.

4. Kisah misteri laut dalam adanya cahaya dalam kegelapan

Laut dalam memang memiliki kondisi yang gelap. Tapi terkadang, ada sedikit cahaya yang muncul namun bukan dari sinar matahari, melainkan Bioluminesensi. Apa itu?

Bioluminesensi merupakan cahaya yang dihasilkan dari energi hewan laut akibat reaksi kimia yang terjadi. Biasanya, bioluminesensi digunakan ketika hewan sedang mencari mangsa hingga mengelabui lawan.

5. Ada air panas di dasar laut!

Siapa sangka bahwa di dasar laut terdapat air yang cukup panas? Air panas dari dasar laut ini dihasilkan dari ventilasi hidrotermal, yaitu retakan pada permukaan bumi yang sering ditemukan pada laut dalam dekat daerah vulkanik aktif.

Air panas yang dihasilkan berasal dari air laut yang memasuki celah retakan dan kerak tadi hingga mencapai area magma yang panas.

Nantinya, air panas tersebut akan berubah menjadi sebuah gumpalan atau endapan di permukaan, ketika bertemu air laut yang dingin.

6. Ikan yang menyerupai ular penghuni laut dalam

Jenis ikan panjang pada gambar di atas bernama Oarfish, yang biasa hidup di kedalaman lebih dari 1000 meter. Oarfish kerap ditemukan dalam kondisi mati ketika terdampar di bibir laut.

Ikan yang memiliki panjang kurang lebih 3 meter ini bisa dibilang jarang terlihat, karena memang habitatnya berada di zona laut dalam.

7. Kisah misteri laut dalam bahwa terdapat Monumen

Sebagian dari kamu pasti mengira ini cerita fiktif belaka. Namun, nyatanya ini benar benar ada! Monumen di dasar laut dalam Jepang ini bernama Yonaguni, ditemukan pertama kali oleh seorang ilmuwan tahun 1986.

Banyak yang berujar bahwa bangunan ini tercipta karena efek reruntuhan dari gempa bumi yang terjadi di Jepang.

8. Laut dalam yang kerap dijadikan tempat pembuangan

Mungkin saat ini masih ada oknum nakal yang kerap membuang hasil limbah di laut dalam. Tapi jika melihat jauh ke belakang atau tepatnya tahun 1970 di Puerto Rico, banyak orang yang kerap menjadikan laut sebagai tempat pembuangan akhir.

Dengan alasan efisiensi, mereka dengan gampangnya membuang berbagai limbah seperti makanan hingga limbah kimia beracun. Padahal, tindakan ini jelas dapat merusak ekosistem yang ada di dalamnya.

9. Tumbuhan yang bisa hidup di laut dalam

Di tengah gelapnya kedalaman laut dengan suhu yang cukup tinggi, percaya kah kamu bahwa masih ada keindahan yang terdapat di dalamnya? Yaitu dari dari kumpulan tumbuhan karang yang tumbuh cukup subur di kedalaman 6000 meter. Kok bisa ya?

10. Misteri segitiga bermuda

Baru-baru ini dunia kembali digemparkan oleh berita mengenai hal mistis yang melegenda di dalam laut bernama segitiga bermuda.

Dilansir dari laman AS USA, kabarnya ada seorang ilmuwan asal Australia yang menyatakan bahwa hilangnya beberapa kapal dan pesawat pada titik tersebut, tidak ada kaitannya dengan hal mistis atau alien.

Apakah yang dikatakan ilmuwan tersebut sudah tepat?

11. Ditemukannya ikan berwarna merah menyeramkan

Penemuan ikan berwarna merah nan menyeramkan ini terjadi pada tahun 1985, ketika dua ilmuwan menemukannya dari laut dengan kedalaman lebih dari 1000 meter atau di zona Bathypelagic.

Bentuknya yang bikin bulu kuduk merinding dengan warna yang menyala membuat ikan ini berbeda dari jenis ikan kebanyakan.

12. Benda aneh di laut dalam baltik

Kisah misteri terakhir yang ada di laut dalam adalah tentang barang mencurigakan yang terdampar di dasar laut Swedia pada tahun 2010.

Dari bentuknya pun seperti kurang familiar, ya? Dahulu banyak yang mengatakan bahwa ini merupakan pesawat luar angkasa yang jauh di laut ini.

Kira-kira benar terjadi nggak ya? Atau hanya mitos belaka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *