5 Misteri Lautan Dunia Ini Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis

5 Misteri Lautan Dunia Ini Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis

MISTERI DUNIA – 5 Misteri Lautan Dunia Ini Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis. Disadari atau tidak, lautan adalah tempat yang paling banyak menyimpan misteri. Permukaannya yang sangat luas dan kedalamannya yang tidak dapat diraih membuat penjelajahan manusia dapat dibilang terbatas.

Buktinya, masih banyak fenomena di lautan yang sulit untuk dijelaskan. Apa sajakah itu? Mulai dari keanehan Laut Baltik hingga Segitiga Bermuda, berikut ini 5 misteri laut yang sulit untuk dipecahkan!

1. Benda misterius di Laut Baltik

Pada tahun 2011, penjelajah laut menemukan objek berbentuk lonjong yang aneh di dasar Laut Baltik. Objek yang ada di kedalaman 91,4 meter itu dipindai menggunakan cahaya sonar. Hasilnya pun cukup mengejutkan.

Penjelajah tersebut mendapatkan bentuk aneh yang sama sekali tidak terlihat natural. Teori-teori konspirasi pun mulai bermunculan. Ada yang berpendapat bahwa itu merupakan jejak alien yang mendarat di Bumi. Ada pula yang mengatakan bahwa objek tersebut bisa jadi merupakan teknologi perang rahasia.

2. Empat kapal selam yang hilang bersamaan di tahun 1968

Empat kapal selam menghilang secara misterius dalam tahun yang sama, yaitu 1968. Pertama, INS Dakar menghilang pada 25 Januari, kemudian disusul dengan kapal Minerve pada 27 Januari. Dua kapal berikutnya adalah K-129 dari Soviet dan USS Scorpion dari Amerika Serikat. Misteri penyebab tenggelamnya kapal selam tersebut masih belum bisa dipecahkan.

3. Suara aneh dari Samudera Pasifik

Suara aneh memang selalu menakutkan, terlebih lagi jika berasal dari dasar laut di mana tidak ada makhluk yang bisa berbicara. Namun hal misterius ini pernah terjadi pada tahun 1997 di Samudra Pasifik bagian selatan.

Para ahli yang sedang meneliti lautan dikejutkan dengan suara “blop” dan “julia” yang terekam melalui frekuensi radio. Dilansir dari Wired, pada tahun 2005, peneliti mengumumkan bahwa kemungkinan suara tersebut berasal dari gunung es yang runtuh. Apakah kamu percaya?

4. Monumen Yonaguni di Jepang

Saat penjelajah sedang mencari hiu martil di Samudra Pasifik, mereka justru menemukan hal lain yang lebih besar. Ia adalah Monumen Yonaguni yang terletak di dekat negara Jepang. Monumen tersebut terlihat seperti bangunan kuno besar yang terbuat dari batu. Panjangnya 50 meter, sedangkan lebarnya 20 meter. Masyarakat meyakini bahwa itu merupakan hasil buatan tangan manusia. Menurut perkiraan para ahli, Monumen Yonaguni berusia lebih dari 9.000 tahun. Namun tidak ada yang tahu dari mana asalnya dan kenapa bangunan tersebut bisa tenggelam di dasar laut.

5. Devil’s Sea, pusaran laut yang mematikan

Devil’s Sea atau Dragon Triangle merupakan Ma no Umi, sebuah area lautan di Samudra Pasifik yang berdekatan dengan bagian selatan Jepang. Area ini termasuk ke dalam 12 pusaran laut terbesar di dunia bersama dengan Segitiga Bermuda.

Pusarannya sangat besar dan mematikan. Dilansir dari New Zealand Geogprapic, selama berabad-abad, sudah tak terhitung berapa banyak nelayan yang menjadi korbannya. Siapa pun yang masuk ke dalam Devil’s Sea akan menghilang tanpa jejak.

Tak hanya itu, area tersebut juga sering menarik pesawat ke dalamnya. Dari sumber yang sama, tercatat bahwa 20 kapal selam dan kapal besar lain hilang di sana selama perang dunia kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *